Fish

Senin, 23 April 2012

Contoh laporan pkl farmasi di Puskesmas Garuda Bandung

BAB II
URAIAN UMUM

2.1 Sejarah Puskesmas Garuda Bandung
UPT Puskesmas Garuda adalah salah satu dari 31 UPT Puskesmas yang ada di kota Bandung dan memiliki 1 Puskesmas Jejaring (PKM Babatan). Secara administrasi UPT Puskesmas Garuda terletak di Kelurahan Garuda Kecamatan Andir. Wilayah UPT Puskesmas Garuda meliputi 4 Kelurahan yaitu : Kelurahan Maleber, Garuda, Dungus Cariang dan Campaka. Letak UPT Puskesmas Garuda cukup strategis karena dekat dengan jalan Rajawali dan Garuda yang memiliki akses transportasi umum dari berbagai jurusan.
Oleh karena masyarakat pengunjung UPT Puskesmas Garuda hampir setengahnya berasal dari luar wilayah terutama yang berbatasan dengan Kecamatan Andir. Kependudukan memegang peranan penting dalam peningkatan kesadaran mengenai kesehatan juga penularan penyakit.
Mobilitas yang tinggi memungkinkan distribusi penyakit lebih mudah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kependudukan antara lain : kepadatan penduduk, sebaran penduduk berdasarkan jenis kelamin, mata pencaharian, pendidikan dan agama. UPT Puskesmas Garuda juga merupakan puskesmas perkotaan yang tentu saja berbeda dengan kondisi puskesmas di daerah. Berdasarkan data kunjungan pasien, hanya 7,2% penduduk warga Kecamatan Andir yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Garuda yang memanfaatkan UPT Puskesmas Garuda untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pada bulan Agustus sampai bulan Desember.
Kecilnya persentase warga dalam wilayah yang memanfaatkan UPT Puskesmas Garuda berhubungan dengan faktor tingkat pengetahuan, banyaknya sarana kesehatan swasta yang ada di wilayah UPT Puskesmas Garuda dan lokasi Puskesmas lebih dekat dengan batas wilayah kota lain. Banyaknya sarana kesehatan swasta ini memberikan banyak peluang bagi warga untuk memilih sarana yang menurut warga sesuai, terjangkau dan memberikan pelayanan yang bermutu.
2.1.1 Visi dan Misi
Sebagai unit pelayanan kesehatan terdepan di masyarakat, UPT Puskesmas Garuda mempunyai visi dan misi sebagai berikut :
Visi UPT Puskesmas Garuda :
“Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara mandiri”
Misi UPT Puskesmas Garuda :
a. Meningkatkan kualitas dan optimalisasi sumber daya manusia
b. Meningkatkan kualitas dan kuantitas cakupan program
c. Membangun kemandirian kesehatan masyarakat melalui peningkatan PHBS
d. Merencanakan dan melaksanakan setiap kegiatan berdasarkan data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan
e. Mengembangkan peran dan fungsi Puskesmas dalam melaksanakan
kemitraan dengan berbagai pihak terkait dalam upaya peningkatan mutu pelayanan dan pemberdayaan masyarakat
f. Mengembangkan kemampuan Puskesmas sebagai unit kesehatan madiri dalam pemberian pelayanan kesehatan terhadap masyarakat
g. Melaksanakan pelayanan kesehatan dengan pelayanan prima
2.1.2 Strategi Puskesmas Garuda Bandung
a. Meningkatkan pelayanan kesehatan dengan mengacu pada ISO 2000 melalui peningkatan kualitas SDM dan kelengkapan sarana penunjang pelaksanaan kegiatan.
b. Mengembangkan sistem pencatatan dan pelaporan dengan komputerisasi. Mengembangkan program konsultas gizi, klinik sanitasi,HR,remaja,dan puskesmas dengan kerjasama lintas program.
c. Memaksimalkan ruangan dan fasilitas yang tersedia guna peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Larangan bagi Pegawai Puskesmas Garuda :
1) Dilarang melakukan aktifitas lain diluar jam kerja yang mengurangi independensi dan objektifitas dalam mengambil kepustusan atau mempengaruhi efektifitas dan ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan pribadi yang bersangkutan.
2) Dilarang menjual, menggadaikan, menyewakan, atau meminjamkan obat, dokumen, atau surat-surat berharga milik puskesmas secara tidak sah.
3) Dilarang menggunakan kata kasar, rasial (agama) yang akan menciptakan lingkungan kerja yang tidak sehat.
4) Dilarang melakukan tindakan yang bersifat negatif dengan maksud membalas dendam terhadap bawahannya atau orang lain di dalam maupun di luar lingkungan kerjanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar